Kamis, 05 Mei 2011

SUKSES, RILIS ULANG, DAN SUKSES

Sebuah lagu yang sukses memiliki kecenderungan untuk dirilis ulang. Dalam industri musik, rilis ulang merupakan hal  yang biasa.
Alasannya sangat beragam seperti: Lirik yang bagus, komposisi yang sempurna, melodi yang indah, dan yang terpenting dapat diterima oleh masyarakat (baca: penjualan kaset/CD-nya sesuai harapan)  membuat pihak Label berminat untuk me-recycle lagu tersebut. 
Fenomena ini terjadi pada lagu Selimut Putih karya Prof. H. Achmad Baqi. Sejak pertama kemunculannya, Selimut Putih yang dilantunkan dengan merdu oleh Atikah Rahman yang diiringi oleh Orkes Gambus binaan Prof. H. Achmad Baqi yaitu El-Suraya Medan, mendapat sambutan yang sangat luar biasa tak hanya di negeri kita ini tapi juga di negara tetangga. 
     
Lirik lagu yang sangat menyentuh hati, notasi nada yang apik, dan aransemen musik yang sangat menawan membuat lagu Selimut Putih digemari oleh masyarakat. Ada banyak  versi Selimut Putih yang semuanya terbilang sukses diantaranya:



Fenomena ini juga terjadi pada lagu Keagungan Tuhan ciptaan A. Malik Buzaid (lebih terkenal dengan A. Malik BZ). 
Keempat syarat utama tersebut juga dipenuhi oleh lagu ini. Lagu Keagungan Tuhan yang dinyanyikan oleh Ida Laila yang saat itu masih remaja telah membuat Orkes pengiringnya yaitu O.M. Sinar Kemala yang berasal dari Surabaya ini menjadi terkenal sampai ke mancanegara. 
Lagu itu pernah dirilis ulang oleh penyanyi aslinya setelah tidak tergabung dalam OM Sinar Kemala dan sampai saat ini lagu yang diciptakan tahun 1964 itu telah dirilis ulang lebih dari 40 versi  oleh beberapa penyanyi terkenal dari berbagai aliran musik dengan aransemen dan karakter vokal masing-masing,  diantaranya:





Kedua lagu tersebut memiliki pesan moral yang sama yakni mengajak manusia menginsyafi  segala kesalahan sebelum selimut putih membalut badan dan berbuat kebajikan di dunia yang fana ini untuk bekal di kehidupan di alam baka. Bagaimana menurut pendapat anda?


Thanks for visiting this blog

2 komentar:

  1. Melalui blog ini, saya (penggemar Sinar Kemala) mengucapkan bela sungkawa yang sedalam2nya atas wafatnya Bpk. A. Malik BZ Rabu,15/6/2011 (Jawa pos, 16/6/2011). Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah dan Dosa2nya diampuni olehNya. Amin

    BalasHapus
  2. Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'un.....
    Selamat jalan Abah Malik, karyamu akan selalu kami kenang....

    @anomim: Terima kasih infonya.

    BalasHapus